Mengupas Manfaat Media Sosial di Indonesia

social-media-marketing1

Manfaat media sosial di Indonesia sangat banyak, salah satunya adalah membuat komunitas di facebook. Pada awal tahun 2013 , tiga per empat dari penduduk Indonesia sudah menggunakan internet dan menikmati manfaat media sosial. Bulan Januari 2013, ada 45 juta pengguna internet di Indonesia, dan itu belum termasuk mereka yang menggunakan media sosial.

Hebatnya, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna media sosial terbanyak. Dari 220 juta penduduk di Indonesia, mereka yang menikmati manfaat media sosial ada sekitar 30,1 juta pengguna facebook, jumlah ini merupakan terbanyak ke dua di dunia. Dan pengguna twitter di Indonesia ada 6,2 juta dan jumlah ini merupakan pengguna twitter terbesar ke tiga di Asia. Dan pengguna twitter yang aktif ada 20,8 persen dan itu merupakan persentase tertinggi, melebihi Brasil dan Amerika Serikat. Di Brasil hanya mencapai 20,5 persen dan Amerika Serikat saja hanya mencapai 11,9 persen. Di samping itu juga terdapat 45 juta orang yang berlangganan internet dan jumlah ini sudah termasuk pengguna internet melalui ponsel atau handphone.

Lahirnya website Wikipedia telah merubah cara orang mengkonsumsi informasi. Wikipedia telah merangkul kita dengan informasi yang diberikannya, kemudian mengarahkan kita pada halaman-halaman yang memiliki subyek yang bersangkutan dalam bentuk link. Semua informasi yang disediakan oleh Wiki berasal dari tempat yang berbeda-beda.

Meskipun strategi penjualan content atau informasi ini perlu menjadi pertimbangan yang cukup berat, tetapi pada kenyataannya ini adalah cara yang ampuh bagi para penerbit atau pemilik bisnis content agar dapat menyalurkan informasinya dengan cepat. Salah satu manfaat media sosial adalah membantu bisnis content anda untuk berkembang dengan pesat sehingga anda sebagai penerbit memiliki keunggulan dibandingkan dengan bisnis-bisnis lain. Media sosial adalah satu-satunya tempat dimana suatu niche grup tertentu dapat membantu content anda melesat dengan cepat.

Niche adalah kunci dari media sosial. Saya yakin bahwa anda memiliki hobi masing-masing seperti bermain sepeda, skateboard, ice-skating, dll. Hal ini merupakan kesempatan besar untuk menargetkan grup-grup tersebut. Namun, men-segmentasikan niche memerlukan pertimbangan yang sangat hati-hati yang perlu dilakukan pada awal kampanye untuk memastikan target pasar anda sudah tepat.

Ada banyak sekali situs media sosial diluar sana, mulai dari yang luar biasa terkenal seperti Facebook, Twitter, Youtube, hingga ratusan bahkan ribuan lagi yang lebih kecil. Jejaring yang lebih kecil ini tidak ada habisnya dan dapat anda targetkan serta membangun hubungan dengan para penggunanya. Terkadang lebih mudah untuk bekerja di dalam jaringan yang sudah dibangun daripada kita harus membuat jaringan  sendiri.

Kebanyakan ahli marketing mungkin berpikir mengenai pentingnya website dan bagaimana cara untuk membangun traffic websitenya dengan memaksimalkan manfaat media sosial. Pada kenyataannya sekarang lebih banyak merk-merk terkenal yang lebih memilih mengembangkan brand nya melalui Facebook / Twitter daripada lewat website. Bagaimanapun, website tidak boleh dianggap remeh, bahkan website dan blog dapat memerankan peran integral yang vital bagi strategi pemasaran media sosial. Media sosial dapat memegang peran kunci dalam peningkatan traffic maupun rangking dari website atau blog anda.

Sumber : Mattjunior

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s