Nih, Tips Aman Men-charge Gadget Anda

3kSCgc7x68

Banyaknya kejadian ponsel pintar terbakar dan meledak selama beberapa bulan terakhir, tentu membuat siapa saja was-was. Jika Anda berpikir pemicunya karena penggunaan perangkat pendukung yang tidak orisinil, tidak benar.

Kendatipun menggunakan komponen perangkat resmi perusahaan, jika diikuti dengan penggunaan yang tidak bijaksana maka bukan tidak mungkin juga memancing percikan api. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kejadian serupa dari pakar teknologi Teguh Prasetya saat dihubungi Okezone, Selasa (17/9/2013):

1. Buat timer pada steker atau colokan listrik (banyak terdapat di toko elektronik). Sehingga, Anda bisa men-set berapa lama waktu untuk memutus aliran listrik secara otomatis.

2. Sebelum men-charge, pastikan terlebih dahulu baterai sudah kuning. Jangan tunggu sampai benar-benar habis (berwarna merah).

3. Lepas atau cabut charger dari perangkat Anda ketika sudah penuh dengan segera. Biasanya pengisian baterai untuk ponsel paling lama memakan waktu sampai tiga jam. Akan tetapi, kembali lagi pada jenis perangkatnya itu sendiri. Di mana, semakin besar kapasitas baterai maka semakin lama juga waktu pengisian dayanya.

4. Jika Anda mau membeli charger tambahan, pastikan terlebih dahulu sesuai dengan daya kebutuhan perangkat. Misalnya, kapasitas baterai perangkat 2 Ampere maka jangan sampai mengisi baterainya dengan perangkat pendukung berkapasitas di atas atau di bawah itu. Hal itu akan merusak perangkat.

5. Jangan malas untuk membaca user guide pada kotak atau boks ponsel. Sebab, berbagai informasi dijelaskan disitu agar pengguna dapat lebih memahami spesifikasi dari perangkatnya.

“Bijaksanalah dalam menggunakan device Anda. Umumnya, baterai perangkat elektronik memiliki batas umurnya masing-masing. Singkatnya, jika kondisi ketahanan baterai mulai berkurang maka bisa jadi itu pertanda ‘bocor’ dan waktunya untuk diganti,” pungkas Teguh.

ini buat semua Gadget kamu loh … intinya kalo kamu sering banget ngalami batre jadi gendut , terus bocor terus, mending coba kamu pahami caranya buat batre kalian ga sering bocor. jangan males-males liat di buku guidenya. itu penting loh, soalnya batre kan harganya juga lumayan :p

Sumber : Okezone
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s