Keuntungan Akuaponik

Sebulmnya kalian sudah tau bukan Apa itu Akuaponik (Aquaponic)? Iya guys ! teknik gabungan antara bertanam secara hidroponik dengan Akuakultur guys …

Jika ingin melihat lengkap tentang Akuaponik bisa kesini guys :

Nah apa sih keuntungan nya …

Cekidotttt…

Aplikasinya baik secara teoritis, praktis dan ekonomis tentu saja akuaponik akan sangat menguntungkan sekali, karena lahan yang dipakai tidak akan terlalu luas, memiliki hasil produksi ganda, hemat air, mengurangi penggunaan bahan kimia serta bersifat organik.

Keuntungan secara praktis sudah barang tentu kita tidak perlu mencangkul, merumput, menggembur dan membungkuk atau aktifitas lainnya yang menyiksa badan. Sistem akuaponik tidak menggunakan pupuk dan pestisida. Juga tidak perlu untuk menyiram sayuran setiap hari. Anda hanya memberi makan kepada ikan lalu menyebabkan anda mendapat sayuran dan ikan segar. Hasil panen tanaman dari akuaponik tentunya memiliki nilai harga jual yang cukup tinggi di supermarket karena bersifat organik.

Sistem aquaponik ini juga jauh lebih esien. dari hasil penelitian untuk ternak membutuhkan sekitar 7 kg biji-bijian untuk membangun 1 kg bobot hidup. Sedangkan budi daya ikan pada sistim aquaponik  dapat melakukan hal yang sama dengan kurang dari 2 kg biji-bijian. Bila ada 1000 ton air untuk memproduksi 1 ton biji-bijian, maka memelihara ikan sekaligus tanaman dalam satu sistim jauh lebih efisien daripada memelihara ternak.

image_thumb19image_thumb23image_thumb24image_thumb25

  1. Beberapa jenis media yang dapat digunakan dalam sistem akuaponik adalah pasir kasar, arang kayu, arang sekam, ijuk, kerikil,dan tanah.
  2. Persiapan bibit tanaman. Tanaman harus disemai dan dipelihara terlebih dahulu hingga mencapai ukuran yang ideal untuk dipindahkan di media filter. Benih tanaman yang digunakan berasal daru biji-bijian yang sudah siap digunakan seperti yang tersedia pada umumnya di toko atau kios tani. Langkah awal yang perlu dilakukan dalam penyediaan tanaman yang siap dipelihara dalam sistem akuaponik adalah penyemaian. Penyemaian benih atau bibit tanaman dilakukan dengan prosedur yang sesuai dengan jenis tanaman yang diinginkan. Umumnya penyemaian ini memakan waktu antara1-2 minggu. Untuk beberapa benih diperlukan perendaman terlebih dahulu selama satu malam untuk mengaktifkan enzim pertumbuhan dan memecahkan masa dormansi biji. Setelah benih yang disemai dari biji-bijian tersebut beserta seluruh akarnya ke wadah pemeliharaan. Wadah pemeliharaan bisa berupa ember-ember plastik, polibag atau gelas plastik.

Dalam pemeliharaan tanaman, pengaturan air yang digunakan untuk penyiraman tanaman perlu dilakukan melalui kran agar air yang masuk dan keluar wadah pemeliharaan seimbang sehingga tidak terjadi kekurangan atau kelebihan air di bak filter.

 

Sumber : Akuaponik
Advertisements

One thought on “Keuntungan Akuaponik

  1. Pingback: KEUNTUNGAN DAN KELEMAHAN UNIK AQUAPONICS SYSTEM | AR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s